Wisata Petualangan di Manokwari

Spread the love

Wisata Hutan

Wisata Petualangan di Manokwari, Papua Barat
Burung Cendrawasih

Manokwari adalah sebuah destinasi wisata petualangan yang sudah terkenal di manca negara. Kebanyakan wisatawan asing yang datang ke ibu kota Provinsi Papua Barat adalah pencinta alam. Mereka menikmati kegiatan pengamatan burung-burung surga atau burung cendrawasih, menjelajah hutan hujan tropis dan mengamati kuskus.  Ini adalah hewan berkantung yang biasanya keluar di malam hari untuk mencari makan atau kawin. Untuk melihatnya, pemandu lokal akan mengantar peserta tur di malam hari ke wilayah di sekitar pondok penginapan. Di sana, peserta akan diminta untuk memadam senter masing-masing. Setelah itu, pemandu akan menirukan suara kuskus betina guna menarik kuskus jantan. Ketika kuskus jantan telah mendekat, pemandu akan memperbolehkan senter dinyalakan dan peserta boleh memotret hewan nokturnal ini.

Wisata Petualangan di Manokwari, Papua Barat
Pondok berkemah di dalam hutan

Rata-rata, wisatawan asing menghabiskan 3 hari/ 2 malam di hutan Susnguakti yang terletak di lereng Pegunungan Arfak untuk berkemah dan melihat berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di sana.
Untuk melayani wisatawan, saya dan penduduk kampung telah menyediakan fasilitas perkemahan di dalam hutan. Ada pondok-pondok untuk beristirahat yang beratap seng, kasur, bantal, serta perlengkapan masak dan makan. Untuk mengamati Burung Cendrawasih Kuning dan Burung Surga Raja, ada teropong (binocular), dan spotting scope yang saya sediakan. Setiap wisatawan bisa tidur di dalam tenda dome dengan nyaman selama tur di hutan berlangsung.
Wisata Bahari

Wisata renang dan snorkeling di Manokwari
Terumbu karang di Manokwari

Setelah itu, wisatawan bisa melanjutlan wisata petualangannya dengan berenang dan snorkeling di perairan Manokwari. Terumbu karang di kawasan ini adalah habitat alami bagi berbagai jenis satwa air seperti ikan badut (anemonefish), ikan striped surgeonfish, ikan singa. Karang yang berwarna warni tersebut bisa difoto menggunakan kamera bawah laut. Untuk kegiatan berenang di perairan Manokwari, lokasinya akan disesuaikan dengan kondisi cuaca dan kemahiran berenang peserta tur. Untuk wisatawan yang tidak bisa berenang, mereka tetap bisa menikmati snorkeling untuk melihat terumbu karang karena kami bisa menyediakan pelampung dan alat snorkeling.
Umumnya durasi wisata petualangan di Manokwari adalah 5 hari/ 4 malam. Peserta tur sebaiknya berjumlah 3 atau 4 orang supaya biaya tur bisa dipikul bersama.
Kamera Bawah Air
Untuk pengambilan foto di bawah air, Anda bisa membeli Nikon W300 atau juga Canon Powershot D30 yang kualitas fotonya bagus sekali. Tapi, ada juga kamera aksi yang mampu menahan tekan air yang tinggi seperti Brica B-Pro5 Alpha Edition Mark II. Berikut ini adalah linknya di Toko Online Lazada:


Penerbangan:
Setiap hari ada beberapa penerbangan ke Manokwari dari kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya maupun Denpasar. Maskapai penerbangan Garuda, Sriwijaya, Batik Air serta Wings/ Lion terbang secara teratur ke ibukota Provinsi Papua Barat ini. Tiketnya bisa Anda pesan di agen tiket terdekat di kota Anda atau secara online lewat traveloka.com.
Booking
Bila Anda berminat untuk berwisata di kota Manokwari, silahkan menghubungi saya lewat email: charlesroring@gmail.com atau whatsapp: +6281332235180.

One thought on “Wisata Petualangan di Manokwari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *