Beberapa Atraksi Wisata Alam di Kabupaten Wondama

Spread the love

Wondama adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua Barat. Ibukotanya adalah Rasiei. Terletak di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang sangat luas, Wondama memiliki banyak sekali atraksi wisata yang bisa dikunjungi oleh para petualang dan pencinta alam. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kawasan Kantor Bupati di Rasiei. Halaman kantor-kantor ditanami tanaman bunga. Karena letak daerah perkantoran ini di kaki Pegunungan Wondiboy dan dekat dengan Sungai Rowi maka tanaman bunga tersebut menarik berbagai jenis kupu-kupu. Beberapa jenis yang berukuran besar dan memiliki warna yang menarik adalah Common Green Birdwing (Ornithoptera priamus), dan Blue Mountain Swallowtail (Papilio ulysses).
  • Kali Rowi letaknya dekat dengan Kantor Bupati Teluk Wondama. Kali ini bisa dikunjungi dengan mengikuti jalan raya yang menuju bagian belakang halaman kantor Bupati. Jalan raya ini sudah tidak digunakan lagi oleh para pengguna kendaraan roda dua dan roda empat. Tidak sampai tapi masih bisa dilalui oleh sepeda motor atau mobil sekelas Avanza. Waktu yang baik untuk mengunjunginya adalah di pagi hari sekitar jam 05.00-09.00. Ada burung-burung yang bisa dilihat seperti Olive-backed Sunbird, Black Sunbird, Helmetted Friarbird, dan Sulphur-crested Cockatoo, dan lain-lain. Air kali Rowi yang jernih mengalir deras menuju laut. Wisatawan bisa duduk di bebatuan granit di tepi kali sambil menikmati keindahan pemandangan dan hutan dan menghirup udara segar. Terkadang burung besar seperti taun-taun/ Blyth’s Hornbill (Rhyticeros plicatus) dan Grey Crow (Corvus tristis) terbang dalam kelompok-kelompok kecil.
  • Bukit Wandamui – Warga kota Wondama menyebutnya Bukit Selfie. Di puncak bukit ada bangunan terbuat dari kayu seperti rumah panggung yang tidak berdinding. Memang pemerintah membangunnya untuk memudahkan para wisatawan melihat pemandangan alam perbukitan, hutan dan laut di Teluk Wondama. Bagi para wisatawan yang suka foto selfie, ini adalah lokasi yang ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *